Agustus - What’s Great

Seorang Guru Perlu Memiliki Kasih Kepada Anak-anak Muridnya. Semua pembelajaran dimulai dari tingkat perasaan. Jika seorang murid mempunyai perasaan tidak suka kepada gurunya maka yang terjadi adalah murid tersebut tidak akan pernah belajar dengan maksimal di dalam pelajaran itu. Murid tersebut seperti dibuat lelah oleh gurunya bahkan sebelum mereka dibuat lelah oleh pelajaran.

Manusia menerima apa yang mereka rasa perlu diterima dan menolak apa yang mereka rasa perlu ditolak. Jika sikap mereka positif, mereka cenderung menerima apa yang mereka dengar, jika sikap mereka negatif mereka cenderung menolak. Jika saya memiliki perasaan negatif terhadap Saudara, saya akan menolak apa yang Saudara katakan karena saya menolak Saudara, tetapi jika saya menyukai Saudara, Saudara bisa membuat saya melakukan hal-hal yang paling luar biasa di dunia.

Tidak ada yang peduli pada apa yang Saudara ketahui sampai mereka mengetahui bahwa Saudara peduli kepada mereka. Bagaimana dengan orang-orang yang Saudara ajar, yaitu murid-murid Saudara. Apakah mereka menerima atau menolak Saudara? Siapa menyangka ketika mereka mendengarkan Saudara, mereka berpikir "aku sudah pernah mendengarnya, lagi pula aku kira Bapak/Ibu Guru hanya berpura-pura saja dan mereka juga tidak peduli kepada saya" Jika demikian, pekerjaan Saudara sudah terhalang. Murid tersebut tidak akan pernah belajar banyak dari Saudara.

Kalau begitu apa yang harus Saudara lakukan? Pertama-tama Saudara harus membuat mereka mengetahui bahwa Saudara mengasihi mereka dari cara Saudara berbicara dan juga dari cara Saudara berperilaku terhadap mereka. Jangan pernah meledek mereka, menjuluki mereka dengan julukan-julukan yang tidak pantas sehingga mereka menjadi sakit hati.

Hal yang berikutnya adalah kenalilah orang-orang yang Saudara ajar.  Saudara perlu mengetahui apa yang mereka sukai atau apa yang mereka tidak sukai. Saudara perlu mengetahui keinginan mereka, cita-cita mereka, mimpi-mimpi mereka. Ketika Saudara mengenal mereka secara pribadi mereka pun akan belajar untuk terbuka kepada Saudara secara pribadi dan ini akan membuat mereka mendengarkan Saudara. 

Mari kita peduli dengan murid-murid kita dengan mengasihi mereka.