Seminar Akan Datang

What's On? - Maret 2019

01 Maret 2019 - Seminar Crucible di Bina Kasih Bekasi  08 Maret 2019 - Seminar Crucible di SMAN 84 15 Maret 2019 - Seminar Crucible di SMPN 224 29 Maret 2019 - Seminar Crucible di SMPN 249 30 Maret 2019 - T4T PAPL di Gereja Bethany Bekasi Timur

lebih detail...

Desember - What’s Great

Santa Claus dan Natal

Memasuki bulan Desember, suasana Natal sudah terasa di mana-mana. Hiasan Natal mulai dipasang di berbagai tempat dan lagu-lagu Natal mulai berkumandang. Sekolah Minggu juga sudah mulai sibuk mempersiapkan Natal, karena bisanya anak-anak akan lebih bersemangat dan antusias menjelang acara yang ditunggu-tunggu setiap bulan Desember ini.

Selain hiasan dan lagu-lagu Natal, biasanya ada sebuah sosok pria berbadan gemuk, berjanggut putih, berbaju dan bertopi merah selalu muncul saat Natal tiba. Anak-anak menyebutnya dengan nama “Santa Klaus”. Terlepas dari kontroversi latar belakang Santa Klaus, tidak dapat dipungkiri kalau kehadiran Santa ini sepertinya menjadi magnet bagi anak-anak dan bahkan dewasa. 

Lalu, apa hubungan Santa dengan kelahiran Tuhan Yesus? Bolehkah menghadirkan Santa Klaus di acara Natal anak-anak Sekolah Minggu? Pertanyaan ini pasti sering kita dengar. Sebagai pelayan anak, kita harus menjelaskan kepada anak-anak bahwa Tuhan Yesus adalah fokus Natal itu sendiri. Setiap kali kita merayakan Natal, kira sedang merayakan hari ulang tahun Tuhan Yesus. Anak-anak harus diingatkan bahwa inti dari Natal adalah Tuhan Yesus sendiri. 

Kehadiran Santa semata-mata hanyalah untuk menghibur anak-anak dan memeriahkan acara. Jadi, Natal bukanlah tentang Santa Klaus, namun tentang Tuhan Yesus. Ini menjadi tanggung jawab bagi setiap pendidik anak untuk menjelaskan kepada anak-anak, sehingga cerita mengenai kelahiran Tuhan Yesus lebih dinanti-nantikan daripada kehadiran Santa Klaus dan hadiah-hadiahnya.