About Us

  1. Visi dan Misi
  2. Anggota Dewan
  3. Rekomendasi

Yayasan WorldTeach IndonesiaSeminar

Yayasan WorldTeach Indonesia yang didirikan tanggal 16 januari 2001 merupakan sebuah organisasi internasional nir laba dan bersifat global transdenominasional. WorldTeach Indonesia berkomitmen untuk mengkomunikasikan kebenaran firman Tuhan dalam bidang pengajaran/pendidikan dan pelatihan, seminar, penerbitan, dan multi media.
Visi
Membangkitkan kecintaan akan Firman Tuhan
Misi
Bekerjasama untuk menghasilkan perubahan hidup yang berkesinambungan melalui Pengajaran, pelatihan, dan perlengkapan yang konstektual dan Alkitabiah.

Klik Disini untuk Video Profile WTI !

Anggota Dewan

  • Letjen. TNI (Purn.) HBL Mantiri – Pendiri, Ketua Dewan Pembina
  • Martin Muslie – Ketua Dewan Pengawas
  • Robert Erizo Kusnadi – Ketua Dewan Pengurus
  • Husin – Sekretaris Umum
  • Elly Kartini – Bendahara Umum

Dewan Penyantun :

  • Suwito H. Hartanto
  • Len Widjaja
  • Boyke Gozali
  • Randolph S. Bubu
  • Daniel Pandji

Rekomendasi

Salam Sejahtera
Puji Syukur kepada Tuhan atas anugrah dan penyertaanNya, sehingga tanpa terasa Yayasan WorldTeach Indonesia telah mencapai suatu milestone pada tahun 2016, yaitu genap 15 tahun WTI melayani di Indonesia. Selain milestone waktu yang tidak singkat tersebut, WTI juga sudah melayani dan menjangkau lebih dari 100.000 orang melalui lebih dari 900 seminar, 100 pelatihan instruktur, program TV, serta menjangkau guru-guru sekolah melalui Retreat khusus guru-guru sekolah. Sebagai Yayasan Interdenominasi, WorldTeach Indonesia berkomitmen untuk terus dapat memperlengkapi masyarakat di Indonesia melalui seminar dan training sesuai dengan Visi Misi yang WTI miliki.

Kiranya Kasih dan Anugrah Tuhan selalu menyertai kita semua.

Selamat melayani dan Sampai jumpa di ladang Misi!



Letjen TNI (Purn.) HBL.Mantiri
Pendiri, Ketua Dewan Pembina

SEJARAH WALK THRU THE BIBLE – WORLDTEACH

Tahun 2017

Pencapaian WorldTeach Indonesia selama tahun 2017 mewakili setiap pilar yaitu: Creative Teaching : 5 Seminar dengan total peserta 172 orang, Lifepage: 30 Seminar dengan total peserta 2.198 Remaja dan 3 Training dengan total peserta 129 orang. Peserta training tersebut memiliki potensi dampak kepada 4.030 Anak Remaja. PADI: 5 Seminar dengan total peserta 129 Siswa SD dan 4 Training dengan total peserta 188 Guru Sekolah Minggu. Peserta Training memiliki potensi dampak kepada 4.675 Anak Sekolah Minggu. Umum: 7 Seminar dengan total peserta 256 orang.

Di bulan Februari, PADI Mengembangkan Jingle Petualangan Anak di Perjanjian Lama. Jingle ini akan dipakai sebagai Tools dalam seminar dan training. Jingle telah dibuat dalam beberapa versi : Minus One, Versi Anak-anak, Versi Training For Trainer dan Gabungan.

Dalam tahun ini ada 2 materi yang sudah dikembangkan oleh tim Lifepage. Bulan Juni mengeluarkan buku Crucible yang sudah diterjemahkan dalam bahasa Indonesia beserta DVD . Ini sebagai tools saat seminar dan training.

November menerbitkan materi Detour yang diambil dari kisah kehidupan Yusuf. Materi ini juga sudah dibawakan dalam bentuk training. Training perdana dari materi ini pada tanggal 06 November 2017 bersama Mitra Kerja HCD (Harvest Community Development)

 

Tahun 2016

WTI mengembangkan materi baru pada Pilar LifePage, yaitu “Me and Social Media” materi ini adalah pengembangan dari salah satu bab pada materi “Crucible”. WTI bekerjasama dengan STIMIK untuk membawakan seminar mengenai pengaruh social media untuk anak remaja.

Sepanjang tahun 2016, WTI telah mengadakan Seminar “Me and Social Media” sebanyak 10 seminar di berbagai sekolah, diantaranya : SMA Negri 23 - Tomang, SMP Strada Pelita II, Sekolah Imannuel, SMK Telekom – Pamulang, SMK Bakti Anindya, dan beberapa sekolah lainnya.

Pada tahun 2016 ini, WTI mengadakan 66 Seminar, dengan peserta mencapai 4.556 peserta, dan T4T sebanyak 4 Training, dengan jumlah peserta sebanyak 101 peserta

Tahun 2011 – 2015

19 Januari 2011, WorldTeach Indonesia telah memperpanjang MOU dengan IFGF GISI, hingga tahun 2013.

Pada 26 February 2011, WorldTeach Indonesia perdana mengadakan Training for Trainer (T4T) dengan materi” Petualangan Anak-anak di Perjanjian Lama” (PAPL), T4T “ Petualangan Anak-anak di Perjanjian Baru” pada 2 April 2011.

15-16 April 2011, WTI kembali mengadakan T4T “Petualangan Anak-anak di Perjanjian Lama dan Baru” (PAPL, PAPB) di Field Office Jogjakarta

Selain di Jakarta dan Jogjakarta, T4T PAPL dan PAPB juga diadakan di Gereja Methodist Medan pada 25-26 November 2011

Pada 21-23 January 2012, Pdt Heru Tribudiyanto membawakan seminar “How Grow a High Impact Church” di Gereja Methodist Medan.

19-20 Mei 2012, Bp. Martin Muslie membawakan T4T “Teaching With Style” di Gereja Kristen Tri Tunggal Bandar Lampung

  1. John Houchens (Senior Vice President WTB) melakukan kunjungan ke Indonesia pada 11-16 Juni 2012, dalam kunjungannya tersebut Mr. Houchens mengadakan fellowships dengan Worldteacher WTI di Jakarta, selain itu beliau juga mengadakan kunjungan ke FO Jogjakarta

Pada 12 Juni 2012, Bp. Jimmy Pieter membawakan seminar LSLR untuk mahasiswa Universitas Gajah Mada – Yogyakarta.

16 & 23 Juni 2012, WTI menjadi host dalam mengadakan Training for Trainers untuk guru-guru Sekolah minggu Jabodetabek

Pada 29-30 Juni 2012, WTI diberi kesempatan untuk mengisi acara Sekolah Injil Liburan (anak-anak sekolah minggu) GII Hok Im Tong dengan materi PAPL dan PAPB

2-6 November 2012, WTI mengadakan T4T di Sinode AMIN- Nias dengan materi “ Teaching With Style”, “ The 7 Laws of the Teacher” , “ Petualangan Anak-anak di Perjanjian Lama dan Baru”

Pada tahun 2012, WTI bekerjasama dengan 5 Lembaga Gereja (PGI, PGLII, PGPI, KWI, dan BK) dan Organisasi Kristen (WVI, JPAB, Abba Love, Water Mission) mengembangkan materi kepemimpinan untuk anak remaja, yaitu “Membangun Kepemimpinan Anak Remaja yang Inklusif”

Pada 26 April 2013, Bp. Eka Setyaadi membawakan seminar TWS untuk mahasiswa di STT GKS Lewa- Sumba.

3-6 July 2013, WTI mengadakan T4T di BNKP Nias dengan materi “ Teaching With Style”, “ The 7 Laws of the Teacher” , “ Petualangan Anak-anak di Perjanjian Lama dan Baru”

Pada July dan agustus 2013, Bp Eka Setyaadi membawakan seminar “ Walk Thru The Old Testament” di Perkumpulan Hamba-hamba Tuhan di Fakfak Papua Barat, Gereja PIBI Bengkayang Kalbar, Gereja PIBI Singkawang Kalbar, Sekolah Berkat bagi Bangsa Senakin Landak Kalbar dan YAPMAS (Yayasan Persekolahan Masehi di Sumba).

14 November 2013, Mr. Chip Ingram kembali melakukan kunjungan ke Indonesia. Beliau membawakan seminar “ROMANS 12” di World Harvest

Pada tahun 2014, WTI memfokuskan materi-materi seminar dan Training for Trainers menjadi 3pilar, yaitu :

  1. Creative Teaching : The 7 Laws of The Teacher, The 7 Laws of The Learner dan Teaching With Style
  2. LifePage (Teens) : Love, Sex, and Lasting Relationships, Your Devine Design, Crucible.
  3. PADI (Kids) : Petualangan Anak-anak di Perjanjian Lama dan Baru

22 Agustus 2014, WTI perdana membawakan seminar crucible di sekolah wahana harapan Tangerang.

Sepanjang tahun 2011-2015, WorldTeach Indonesia telah mengadakan seminar sebanyak 253 seminar, dengan jumlah peserta mencapai 20.405 peserta. Selain seminar, juga telah mengadakan Training for Trainers (T4T) sebanyak 26 Training, dengan jumlah peserta sebanyak 1.327 peserta.

Selain mengadakan seminar dan Training, WTI juga menayangkan materi “Love, Sex, and Lasting Relationship” , “Effective Parenting in a Defective World”, “Experiencing God’s Dream For Your Marriage” secara regular setiap minggunya di salah satu stasiun TV kabel, yaitu Life Channel.

 

Tahun 2006 – 2010

6 Februari 2006, yayasan Walk Thru the Bible bermitra dengan yayasan World Harvest. Melalui kerjasama ini, turut mendukung salah satu pilar pelayanan yayasan WorldHarvest, yaitu pilar pendidikan. Seiring dengan kemitraan ini, WTI memindahkan kantornya ke Taman Himalaya, jalan Gunung Rinjani No. 6, Lippo Village. Tangerang.

5-7 July 2006, Chip Ingram melakukan kunjungan ke Indonesia. Dalam kunjungannya tersebut beliau menjadi salah satu pembicara dalam acara Harvest Festival, dan beliau membawakan salah satu materi WTI, yaitu “How to Grow a High Impact Church”

5 Juli 2006, WTI melakukan penandatangan MOU dengan 12 gereja Lokal, yakni GKRI Diaspora, GKRI Lippo Cikarang, Gereja Babtis Jakarta, GKI Bungur, Gereja Kebenaran Kristus, GSJA Grogol, GSJA Betlehem Surya Kencana Bogor, GBI RMK Kedoya, IFGF GISI, GKSI Grogol, GUPDI Jemaat Bandung, Gereja Pantekosta Karismatik di Indonesia dan 3 Sinode gereja, yaitu sinode GKRI, GPKDI, dan IFGFGISI.

8-10 Agustus 2007, Chip Ingram kembali melakukan kunjungan ke Indonesia. Dalam kunjungannya beliau kembali menjadi salah satu pembicara dalam acara Harvest Festival, dan beliau membawakan materi “Effective Parenting in a Defective World ”


Pada tahun 2007, WTI mengembangkan 4 materi baru, yaitu : Love, Sex, and Lasting Relationships (LSLR), Effective Parenting in a Defective World (EPDW), Walk Thru the New Testament (WTNT), dan How to Grow a High Impact Church (HGHIC)

29 Juli 2008, WTI melakukan penandatanganan MOU untuk mempererat kemitraan dengan Harvest Internasional Theological Seminary (HITS).

Sepanjang tahun 2008, WTI mengirimkan artikel mingguan “How To Grow a High Impact Church” kepada para pemimpin dan aktivis gereja yang ada diseluruh Indonesia melalui email, ada 204 mailing list yang terus bertambah setiap bulannya.

Pada Tahun 2009, WorldTeach Indonesia juga mengadakan project ministry sebanyak 7 Project yaitu materi “Walk Thru the New Testament”, di GBI Keluarga Allah – Sragen, pada 17 Juni. Materi “Love, Sex, and Lasting Relationships” pada 20-21 Agustus di Persekutuan Anak-anak Hamba Tuhan. Pada 5 July s/d 16 oktober, materi “A Biblical Portrait of Marriage 1 dan 2”, “Effective Parenting in a Defective World”,” Love, Sex, and Lasting Relationships” di Yayasan Pelayanan Kasih Bersama. Pada 4-5 Agustus, materi “Personal Holiness”, di GBI. Kp Baru - Waingapu. Pada 6-7 Agustus, materi “Love, Sex, and lasting Relationships” di GBI Kp. Baru – Waingapu.

14 Juni 2009, WorldTeach Indonesia melakukan penanda tanganan MOU dengan Gereja Sidang jemaat Allah Calvary Charismatik Bogor.

16 Desember 2009, WTI melakukan penandatangan MOU dengan Sekolah Kristen Ipeka, SDM & Ipeka Learning Development Centre (ILDC).

15 Mei 2009, Field Office Surabaya juga melakukan penandatanganan MOU dengan Yayasan Pelayanan Kasih Bersama.

14 Januari 2010, WTI melakukan penandatanganan MOU dengan Fokus Pada Keluarga untuk materi Effective Parenting in a Defective World.

10 Agustus 2010,WTI melakukan pendandatanganan MOU dengan Gereja persekutuan Pengabar Injil (Kalbar) dan Gereja Persekutuan Eliezer (Kalbar) untuk semua materi WTI.

WorldTeach Indonesia juga bekerjasama dengan World Vision Departemen strategic, mengadakan pelatihan-pelatihan di Gereja Sulteng daerah Tentena – Sulawesi Tengah, Yaitu 14 dan 15 April 2010, mengadakan Pelatihan Kepemimpinan dengan materi “ Vision of the Leader” dan “How Grow a High Impact Church” dengan pengajar Bp. Heru Tribudiyanto dan Ps Jacob Darwan. 7 dan 8 Juli 2010, mengadakan Pelatihan Creative Teaching dengan materi “ Teaching With Style” dan “The 7 Laws of The Teacher” dengan pengajar Bp. Soni Wibowo dan Ibu Maryolein Wibowo. Selain itu juga mengadakan seminar Marriage and Family Life dengan materi “Effective Parenting in a Defective World” dan “ A Biblical Portait Of Marriage 1, 2” pada 5 dan 6 Agustus dengan pengajar Ibu Martha Panjaitan, Bpk. Heru Tribudiyanto dan Ps. Jacob Darwan.

Sepanjang tahun 2006-2010, WorldTeach Indonesia telah mengadakan seminar sebanyak 334 seminar, dengan jumlah peserta mencapai 34.155 peserta. Selain seminar, juga telah mengadakan Training for Trainers (T4T) sebanyak 13 Training, dengan jumlah peserta sebanyak 682 peserta.

Pencapaian ini didukung dengan peran serta para pengajar yang aktif dan handal dibidangnya.

Tahun 2001 – 2005

16 Januari 2001, Yayasan WorldTeach Indonesia (WTI) didirikan di Indonesia dengan diketuai oleh Letjen. TNI (Purn) HBL. Mantiri dan bertempat di Graha Cempaka Mas Blok E No : 11 Lt 2, Jl. Letjen Suprapto – Jakarta Pusat.

WorldTeach Indonesia hadir untuk mengimplementasikan visi dari WorldTeach Internasional, yaitu mempersiapkan seorang WorldTeacher bagi tiap 50.000 orang yang ada di dunia. Untuk mewujudkan visi tersebut WTI mengadakan Program Teaching & Training untuk para calon WorldTeacher di seluruh Indonesia. Pewujudan visi tersebut juga didukung dengan adanya seminar materi WorldTeach, yang dapat membantu dan memperlengkapi berbagai gereja dalam pertumbuhan tubuh Kristus secara Biblikal. Selain program dan seminar, juga adanya pelayanan dalam bidang penerbitan dan media.

21 Februari 2001, WTI mengadakan seminar perdana dengan materi “Personal Holiness” (PH) di Graha Atrium – Jakarta. Mr. David S.C. Park, Regional Director SE Asia/Pasifik, menjadi pembicara dalam seminar tersebut.

3-17 Mei 2001, DR. Bruce H. Wilkinson, yang saat itu masih menjabat sebagai presiden WTB, mengadakan kunjungan perdana ke Indonesia. Dalam kunjungannya beliau mengadakan berbagai seminar yang dimulai dengan seminar dan training “Personal Holiness” (9 Mei, di Balai Pustaka, Jakarta) dan “Vision of Leader” (VoL, 10 Mei, di Hotel Borobudur, Jakarta). 11-17 Mei, secara berurutan DR. Bruce H. Wilkison mengadakan seminar dan training perdana “Personal Holiness” di Jogjakarta, Surabaya, Medan dan dilanjutkan dengan pelucuran WorldTeach di ketiga kota tersebut.

Tahun 2001 adalah tahun dimana WTI banyak sekali mengadakan seminar perdana dan perluasan pengaruh di berbagai daerah di Indonesia.

16-19 April 2002, Rev. Jeffrey Goh dari WorldTeach Singapore menjadi pembicara pada Seminar perdana “Teaching With Style” (TWS) di Jakarta dan Jogjakarta. Bulan Agustus, beliau kembali datang ke Indonesia dan membawakan seminar perdana TWS di Surabaya.

21 Oktober 2002, Rev. Philip S. Tuttle (President of Walk Thru The Bible saat ini) melakukan kunjungan ke Indonesia dan membawakan seminar perdana “Secret of The Vine” (SoV) di Jakarta.

15 Maret 2003, seminar TWS diadakan di Medan dengan pembicara Rev. Jeffrey Goh.

21 Maret 2003, seminar perdana “Women Who A Make Difference” (WWMD) di Gedung Landmark, Jakarta, dengan pembicara Mrs. Mary Pak.

22-23 Agustus 2003, juga bekerjasama dengan Yayasan Abdi Agape untuk melaksanakan seminar “Prayer of Jabez” (PoJ) di Singkawang, Kalimantan Barat dengan pembicara Bp. Pranowo dan Bp. Ronny Makasutji.

30 Agustus 2003, WTI mengadakan seminar perdana “Walk Thru Old Testament” (WTOT) yang diadakan di Bapindo Plaza – Jakarta dengan pembicara Rev. Samuel Lam dari WorldTeach Singapore.

6 September 2003, Rev. Gil Balignasay (Master Teacher WorldTeach Filipina) membawakan seminar “Walk Thru New Testament” (WTNT) di Surya Building, Jakarta.

13 September 2003, beliau juga memberikan seminar “A Biblical Portrait of Marriage 1” (BPOM 1) di Lembaga Pendidikan Mahasiswa Indonesia, Jakarta.

22 April 2004, WTI mengadakan peresmian kantor WorldTeach Indonesia di Kompleks Ruko Mega Grosir Cempaka Mas Blok A No : 35. Jl. Letjen Suprapto – Cempaka Putih. Jakarta Pusat. Pada tahun yang sama Chip Ingram menjadi CEO Walk Thru The Bible/ WorldTeach International dan mengadakan kunjungan perdananya ke WTI.

23 Agustus 2004
, Chip Ingram bersama dengan Philip S. Tuttle kemudian menjadi pembicara dalam seminar perdana “Miracle of Life Change” (MLC) di Balai Pustaka-Jakarta. 24 Agustus, mereka juga menjadi pembicara dalam seminar “Genius of Generosity” (GoG) di hotel Ciputra, Jakarta.

18 Februari 2005, WTI mengadakan seminar “The 7 Laws of the Teacher” (7LT) di GBI Sungai Yordan, Jakarta, denga pembicara Rev. Gil Balignasay.


19 Februari 2005, WTI bermitra dengan GBI Sungai Yordan dalam mengadakan seminar “A Biblical Portrait of Marriage 2” (BPOM 2) dengan pembicara Rev. Philip Tarroja (Director of WorldTeach Filipina). WTI juga bermitra dengan GBI Tampak Siring dalam mengadakan seminar dan training “Master Your Money” (MYM) dengan pembicara Mr. Lawrance (Master Teacher WorldTeacher Singapore) dan Mr. David S.C. Park (Director of WorldTeach Asia Pasifik).

28 September 2005, WTI bekerjasama dengan Raffles International School dalam mengadakan seminar TWS bagi guru-guru International se-Indonesia, dengan pembicara Rev. Jeffrey Goh.

Sepanjang tahun 2001 – 2005 WorldTeach Indonesia telah mengadakan seminar sebanyak 306 seminar, dengan jumlah peserta mencapai 47.925 peserta. Selain seminar, juga telah mengadakan Training for Trainers (T4T) sebanyak 66 Training, dengan jumlah peserta sebanyak 4.559 peserta. Pencapaian ini didukung dengan peran serta para pengajar yang aktif dan handal dibidangnya.

 

Tahun 1972 - 1998


Pada tahun 1972, DR. Bruce Wilkinson, seorang pengajar, penulis buku, dan pemimpin gereja yang diurapi Tuhan, terbeban untuk dapat mengajarkan Alkitab secara menarik dan inovatif di tengah besarnya daya tarik multimedia sekuler. Ia mengadakan sebuah seminar yang unik, “Walk Thru the Bible”, yang mana seseorang bisa mempelajari kronologi, geografi, tokoh, dan konsep utama dari setiap kitab dalam Alkitab.

Tahun 1976, permintaan akan seminar ini meningkat pesat sehingga secara resmi pelayanan dari yayasan Walk Thru the Bible didirikan dengan melakukan pengembangan materi seminar antara lain:
1. Teacher Series : The 7 Laws of the Learner/Teacher, Teaching With Style
2. Biblical Series : Walk Thru the Old & New Testament
3. Leadership Series : Vision of the Leader & People Skill
4. Christian Growth Series : Personal Holiness, A Biblical Portrait of Marriage, Prayer of Jabez, Secret of The Vine, Women Who Make a Difference.

Seiring dengan waktu, seminar-seminar dari yayasan Walk Thru the Bible (WTB) telah menjadi seminar terbesar di Amerika Serikat. Seminar dengan materi yang mudah dimengerti & menarik ini membuat peserta dapat dengan mudah memahami prinsip-prinsip Alkitab dan mengingat serta mempraktekkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Yayasan Walk Thru the Bible kemudian mendirikan yayasan WorldTeach sebagai bentuk pelayanan Internasional yang berpusat di Atlanta, USA. Pelayanan ini hadir dari upaya tindak lanjut Co Mission (1992-1997) dan pengembangan materi Doa Yabes.

Tahun 1998, DR. Bruce Wilkinson meluncurkan pelayanan WorldTeach dengan melatih 35.000 orang pengajar Alkitab.

WorldTeach International adalah sebuah organisasi pelayanan Internasional yang bersifat global dan transdenominasional dengan misi mengkomunikasikan kebenaran Biblikal dalam bidang pengajaran/pendidikan dan pelatihan, seminar, penerbitan, dan multimedia.

WorldTeach International mempunyai visi membangun 120.000 pengajar Alkitab di seluruh dunia sebelum tahun 2012. Seminar WTB pertama-tama diadakan di Rusia, India, Afrika Selatan, dan Ukrania, dan kemudian mulai menjangkau wilayah-wilayah Asia Tenggara seperti Singapura, Filipina, dan Indonesia.

 

  • Saya merasa lebih bersemangat dalam melayani anak dan mengajarkan apa yang saya dapat dalam seminar ini sehingga dapat mempengaruhi anak dalam kelas
     
    Sri Utami / Social Worker Compassion Indonesia
  • Banyak hal yang sebelumnya sudah saya ketahui tetapi sukar untuk dipratekkan, tetapi setelah mengikuti seminar ini banyak hal dibukakan dan banyak sekali perubahan dalam mengajar
     
    Junaedy / Asisten Dosen Universitas Atyma Jaya
  • Para staf pengajar kami merasa terbantu dalam mengajar dengan adanya seminar ini. Selama ini kami mengira kurikulum yang kami buat merupakan hal yang penting bagi kemajuan siswa kami, ternyata gaya & tehnik mengajar mempunyai peran penting bagi kemajuan & perkembangan pendidikan siswa di sekolah kami
     
    Fitri / Yayasan Perguruaan Sekolah Kristen Pancaran Berkat